subscribe

Stay in touch

    *At vero eos et accusamus et iusto odio dignissimos
    Top

    SAVIOSA

    Penyebab pori-pori wajah besar sering dihubungkan dengan kebersihan wajah yang tidak terjaga. Padahal kondisi ini bisa disebabkan hal lainnya mulai dari perubahan hormon hingga paparan sinar matahari. Tetapi kondisi membesarnya pori-pori bisa diatasi dengan beberapa cara yang mudah dilakukan. Ukuran pori-pori wajah berbeda untuk setiap orang. Orang dengan tipe kulit berminyak lebih berpeluang punya pori-pori besar dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Untuk itu pemilik pori besar sebaiknya menggunakan skincare untuk kulit berminyak

    Penyebab Pori-Pori Besar

    Setiap orang beresiko punya pori-pori wajah yang besar. Tetapi ada beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko atau menjadi penyebab pori-pori besar seperti: 

    • Genetik

    Faktor genetik juga turut berkontribusi terhadap peluang memiliki pori-pori wajah yang besar. Jadi, jika anda terlahir dengan orang tua dengan kondisi pori-pori besar, maka kemungkinan anda juga akan punya kondisi kulit yang serupa. 

    • Pertambahan Usia 

    Resiko memiliki pori-pori besar akan meningkat seiring dengan pertambahan usia. Semakin menusia usia seseorang maka ukuran pori-porinya bisa semakin membesar juga. Ini karena peningkatan usia dapat membuat produksi kolagen dan elastin pada kulit menurun sehingga elastisitas kulit juga ikut berkurang. Efeknya adalah kulit akan tampak kendur dan pori-pori juga membesar. 

    • Produksi Sebum Berlebih 

    Pori-pori wajah berfungsi mengeluarkan minyak (sebum) pada wajah untuk membantu serta menjaga kulit agar tetap kenyal, sehat dan lembab. Tetapi jika kelenjar minyak memproduksi sebum berlebihan, pori-pori wajah bisa membesar. Pembesaran pori-pori wajah pada kondisi ini adalah respons kulit mengeluarkan kelebihan minyak. Tetapi sebum yang berlebihan, kulit mati, dan kotoran pada wajah bisa terperangkap dalam pori-pori sehingga tampak membesar. 

    • Perubahan Hormon 

    Ukuran pori-pori dipengaruhi oleh hormon. Tidak mengherankan jika perubahan hormon yang terjadi pada awal pubertas dapat membuat remaja memiliki kulit dengan pori-pori membesar. Pasalnya perubahan hormon yang terjadi selama masa pubertas dapat menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan. Efeknya adalah pori-pori pun tampak lebih besar. Demikian juga selama siklus menstruasi. Pori-pori wajah bisa tampak lebih besar akibat perubahan homon selama masa menstruasi. 

    • Sinar Matahari Berlebihan 

    Sinar matahari memang baik bagi kesehatan. Tetapi paparan sinar matahari berlebihan dapat merusak elastin dan kolagen pada kulit sehingga pori-pori semakin besar. 

     

    Urutan Skincare untuk Pori-Pori Besar

    • Pembersihan 

    Pembersihan adalah langkah pertama dari setiap rutinitas perawatan kulit yang baik. Jenis pembersih yang anda gunakan penting untuk dipertimbangkan. Pilihlah sabun cuci muka yang lembut. Untuk hasil yang efektif sebaiknya terapkan double cleansing. Gunakan produk pembersih wajah pH balanced dengan busa ringan dan diformulasikan dengan bahan alami yang efektif mengangkat sel kulit mati, kotoran serta sebum berlebih yang tetap menenangkan kulit. 

    • Toner 

    Toner menjadi cara yang bagus untuk menyeimbangkan pH kulit anda setelah mencuci muka. Dengan mengaplikasikan toner untuk kulit berminyak yang tepat, hasilnya kulit akan terasa lembab dan kencang tetapi tidak berminyak. Pori-pori akan terbebas dan pertumbuhan jerawat baru bisa dicegah. Kulit akan terasa lebih ringan dan anda dapat melanjutkan produk skincare seperti serum dan moisturizer. 

    • Serum Wajah 

    Langkah terbaik untuk memberikan nutrisi pada kulit yang bekerja dengan cepat adalah dengan serum. Serum Saviosa mengandung bahan aktif yang diformulasikan menjadi tekstur ringan yang meresap langsung ke dalam lapisan kulit secara mendalam serta merawat masalah kulit dengan efektif dari waktu ke waktu. 

    • Pelembap 

    Setelah anda merawat kulit maka saatnya untuk masuk urutan pelembap. Pelembap menjaga kulit anda terhidrasi serta membantu memperkuat skin barrier anda. Semua jenis kulit tidak terkecuali kulit berminyak juga penting mengaplikasikan pelembap. Melewatkan pelembap akan membuat kulit berminyak menjadi kering, kasar dan rentan mengalami jerawat.  Moisturizer untuk mencerahkan wajah bisa jadi pilihan terbaik. 

    • Sunscreen 

    Jangan melewatkan tahapan sunscreen. Mengolekskan sunscreen minimal SPF 30 atau lebih tinggi sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit pagi anda, termasuk di leher dan punggung tangan anda. Melindungi kulit anda dari sinar matahari adalah penting bahkan jika anda menghabiskan waktu dalam ruangan karena sinar UV masih bisa masuk lewat jendela. Lindungi kulit berminyak serta berpori dari sinar matahari untuk mencegah sensitivitas kulit serta menghindari kerusakan kulit. 

    • Masker Wajah 

    Manjakan kulit anda dengan menggunakan masker wajah yang menenangkan serta mengecilkan pori-pori kulit. Salah satu jenis masker andalan yang dapat anda pilih adalah masker charcoal yang memiliki sifat anti radang. 

    Jika anda ingin mendapatkan pori-pori yang lebih rapat dan kulit bebas radang, Saviosa bisa menjadi pilihan. Dapatkan produknya di e commerce terbesar (Shopee, Tokopedia) dan dapatkan potongan harga. 

    FAQ 

    Bagaimana cara membersihkan wajah untuk mengurangi pori-pori?

    -Membersihkan wajah secara teratur dengan pembersih yang lembut dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati yang dapat memperbesar pori-pori. Gunakan pembersih non-komedogenik untuk menghindari penyumbatan pori-pori.

    Apakah sunscreen penting untuk mengurangi pori-pori?

    -Penggunaan tabir surya adalah langkah penting karena sinar matahari dapat merusak kolagen kulit dan memperbesar pori-pori. Pilih tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi dan gunakan secara teratur, terutama jika berada di luar ruangan.

    Post a Comment